[Review Buku] Supernova 4: Partikel by @Deelestari

October 13, 2014
Supernova 4 membawa kisah dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) yang dianggap sesat dan gila karena penelitiannya yang membawa kecintaan mendalam terhadap dunia jamur. Jamur adalah portal antar dimensi yang bisa membawa manusia keluar angkasa. 
Kita, manusia, adalah virus terjahat yang pernah ada di muka bumi. Suatu saat nanti, orang-orang akan meyakinkanmu bahwa manusia adalah bukti kesuksesan evolusi.  (Supernova; Partikel hlm. 71)
Menemukan karya science fiction dari penulis Indonesia cukup sulit, apalagi yang risetnya mendalam seperti Dewi Lestari. Partikel dalah seri ke-4 dari supernova. Sebelumnya saya sudah mereview supernova 1, supernova 2, dan supernova 3. 


Judul: Supernova, Partikel
Penulis : Dewi Lestari
Penerbit: Bentang Pustaka
Tahun terbit: 2012
Jumlah Halaman: 508

Sinopsis 
Di pinggir Kota Bogor, dekat sebuah kampung bernama Batu Luhur, seorang anak bernama Zarah, dan adiknya, Hara, dibesarkan secara tidak konvensional oleh ayahnya, dosen sekaligus ahli mikologi bernama Firas. Cara Firas mendidik anak-anaknya mengundang pertentangan dari keluarganya sendiri.
Di balik itu semua, masih tersimpan berlapis misteri, di antaranya hubungan khusus Firas dan sebuah tempat angker yang ditakuti warga kampung. Tragedi demi tragedi yang menimpa keluarganya akhirnya membawa Zarah ke sebuah pelarian sekaligus pencarian panjang.
Di konservasi orang utanTanjung Puting, Zarah menemukan keluarga baru dan kedekatannya kembali dengan alam. Namun, bakat fotografinya membawa Zarah lebih jauh dari yang ia duga. Di London, tempat Zarah akhirnya bermarkas, ia menemukan segalanya. Cinta, persahabatan, pengkhianatan. Termasuk petunjuk penting yang membawa titik terang bagi pencariannya.
Sementara itu, di Kota Bandung, Elektra dan Bodhi akhirnya bertemu. Secara bersamaan, keduanya mulai mengingat siapa diri mereka sesungguhnya. 

Review
Diantara supernova lain..partikel itu yang paling asik. Tebel tapi keren banget. Menyelami dunia mikologi, UFO, dimensi lain, Shaman, dan berbagai teori yang selama ini belum kuketahui.
Pantas saja Dee lama mempersiapkan partikel. Terasa matang. Surealis tapi seperti real. Jadi nyambung sama 'kafka on the shore' Haruki murakami. Di sana ada satu bagian dimana serombongan anak SD dan guru mereka pingsan saat mencari jamur di sebuah wilayah. Wilayah hutan jepang yang deskripsinya mirip bukit jambul. Saat pingsan mereka tidak ingat apapun, dan setelah pingsan segar bugar kembali. Sampai akhir cerita, Murakami tidak membahas mengenai kenapa anak-anak itu pingsan. Dia hanya bilang bahwa ada portal ke dimensi lain.

Banyak hal yang baru saya ketahui dari Partikel. Blogger lain sudah membahasnya, saya kutipkan di bawah ini (sumber) 
Dee memang menunjukkan ketertarikannya pada bidang-bidang seperti bahwa fungi atau jamur adalah media komunikasi antara manusia dan alam, evolusi manusia dari kera, fotografi (mungkin ini lebih karena suaminya), antariksa dan unidentified flyng object (UFO), meditasi, reiki, gerakan zaman baru (new age), spirit of Ibuga, batu-batu dari perut bumi yang memiliki khasiat, dan masih banyak lagi. Kelebihannya adalah kita sebagai pembaca banyak dikenalkan dengan suatu fenomena yang mungkin selama ini hanya orang-orang terbatas yang bisa mengaksesnya. Tohpun kalau ada yang menggemarinya jumlahnya relatif tidak banyak.
Pilihan Firas yang mengajar langsung Zarah di rumah maupun di kebun permakulturnya, terlihat dominasi Firas di sini, yang tidak ada komunikasi baik-baik dengan istrinya mengenai pilihan yang diambil Firas. Memang benar, kelemahan sekolah formal seringkali menciptakan robot-robot penghafal alih-alih mengembangkan apa yang menjadi minat siswa. Selain itu, Firas menunjukkan teladan yang tidak baik dengan membedakan perlakuan terhadap Hara, adik Zarah. Tidak ada penjelasan mengapa Hara tidak diikutkan dalam gaya mendidik Firas.Kamera jenis apakah yang digunakan Zarah untuk menghasilkan foto-foto bagus itu? pada halaman 239 dijelaskan bahwa zarah menggunakan kamera Nikon FM2/T (T menunjukkan titanium yang menjadi bagian dari bodi kamera ini.. Tipe ini adalah jenis Nikon klasik dari keluarga FM. Kamera ini memang terbilang langka dan mahal pada zamannya, diproduksi pada tahun 1997 dan diskontinu pada tahun 2011 dengan harga $1120. Kamera manual SLR ini dapat bekerja tanpa baterai (kecuali untuk light), dan kemampuannya disetarakan dengan semiproffesional camera, dapat bekerja pada temperatur ekstrim dari mulai suhu minus 40 derajat celcius sampai 50 derajat celcius.
Tentang peristilahan inner space travel. Pak Simon mengatakan bahwa untuk mengarungi antariksa dapat dilakukan melakukan perjalanan ke dalam. Tubuh manusia dapat melakukan perjalanan tersebut dengan media enteogen, berasal dari akar kata: entheost (yang dipenuhi inspirasi) dan genesthai (datang dan tinggal). Jadi dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang memungkinkan/menyebabkan seseorang dipenuhi spirit/semangat/inspirasi. yaitu sebuah istilah yang dipopulerkan oleh sebuah tim etnobotanist, yang berarti seseorang yang dipenuhi hal spiritual (terjemahan bebas). Dari tradisi maupun praktik yang sudah berlangsung, untuk mencapai ke keadaan tersebut, ada zat psikoaktif yang terdapat pada suatu jenis binatang atau jamur (fungi). Daftar apa saja yang merupakan enteogens dapat dilihat di sini. Bagi yang memakan zat tersebut (dalam cerita ini adalah suatu jenis jamur jenis Psilocybe) akan mengalami halusinasi, atau mengalami suatu 'dunia lain'. Dari situ kemudian manusia dapat melakukan perjalanan dengan dunia spirit. Pengalaman ke dunia sana dilakukan Zarah dengan makan Iboga sebuah tanaman enteogen yang berasal dari Afrika. Konsep inner space travel ini secara sederhana dapat dibahasakan yaitu melakukan perjalanan ke dalam diri dengan meditasi, berefleksi, berkontemplasi mencari apa pertanyaan-pertanyaan tentang hidup dan pemaknaan akan kehidupan. Praktek ini dilakukan oleh para sufi maupun para spiritualis zaman dulu. Sementara mengkonsumsi Iboga adalah sebuah tradisi terapi kuno Bwiti yang dilakukan oleh orang Gabon, Afrika terhadap orang yang mengalami sakit. Iboga masih merupakan daftar makanan yang dibatasi penggunaannya oleh undang-undang di Amerika maupun Eropa, karena dianggap dapat menyebabkan ketergantungan seperti narkoba. Untuk bagian ini, sepertinya kita perlu banyak menggali lebih dalam apakah cara melakukan inner space travel haruskah mengkonsumsi iboga, jamur guru, atau apalah namanya?


Kekuatan setiap karakter dan settingnya matang. Sebuah perjalanan spiritual yang kompleks dan berbobot. Paling tertarik dengan teori penciptaan manusia yang menyebutkan bahwa kita adalah hasil hybrida dari homo erectus dan makhluk terrestrial dari dimensi lain. Sebuah konsep atheisme yang baru saya ketahui, hahhahaaaa.

Menunggu "gelombang", teasernya bisa dibaca di sini

Rate
4 of 5

Quote




6 comments on "[Review Buku] Supernova 4: Partikel by @Deelestari"
  1. Saya pernah masuk ke dimensi lain itu. Bagaimana dengan penulis blog ini?? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wijhj serius? Gimana tuh. Saya mah blm pernah paling jg mimpi hahaha

      Delete
  2. Iya serius,, makanya saya juga butuh orang2 yang mau diajak berdiskusi tentang ini. Saya pun semakin tertarik untuk menggali lebih dalam.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya perlu berkomunikasi dengan anda secara personal, siapapun yg tertarik lebih dalam tentang supernova. Ini serius. Saya tidak bisa meninggalkn kontal saya dsni, anda?

      Delete
    2. Siapapun yg tertarik dengan supernova, lebih dalam, saya perlu berdiskusi. Please, tinggalkn kontak personal..

      Delete
    3. Saya perlu berkomunikasi dengan anda secara personal, siapapun yg tertarik lebih dalam tentang supernova. Ini serius. Saya tidak bisa meninggalkn kontal saya dsni, anda?

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature