Resensi Buku : Gusti Noeroel Streven Naar Geluk

Saya punya idola baru, Gusti Noeroel Ngarasati Koesoemawardhani wanita tercantik di Indonesia jaman itu. Beliau tak hanya cantik luar, tapi juga cantik kepribadiannya. 
Judul: Gusti Noeroel Streeven Naar Geluk, mengejar kebahagiaan
Penulis: Ully Hermono
Penerbit: Penerbit Buku Kompas
Tahun terbit: 2014
Jumlah Halaman: 284
       
Biografi singkat dari seorang putri solo yang ayu banget. Melihat foto-fotonya, saya terkesima “wow..jaman segitu di Indonesia sudah ada wanita secantik dan semodis itu”. Tahun 30an, jaman buyut saya muda mungkin kebanyakan wanita jawa masih kawin muda (bahkan 10 tahun kata buyut saya). Tapi Gusti Noeroel yang multitalent (berkuda, menari, berenang, modeling) sudah sangat moderen pikiranya. Dalam kemoderenan dan kesejajaran gender itu, Gusti Noeroel tetap memegang trdisi Jawa dan sangat patuh pada Ibu dan Romonya. 
Pandangan beliau tentang poligami membuat saya semangat. Beliau rela baru nikah usia 30, setelah yakin bahwa calonnya tidak akan punya selir. Padahal yang meminang Gusti Noeroel banyak dan bukan dari golongan sembarangan.
Yang menarik adalah, banyak tradisi dan mitos jawa yang baru saya tahu. Seperti saat ketempat pacar tidak boleh makan nasi, atau mas kawin yang dihutang. 
                   Nasihat pernikahan
            Semoga suamiku kelak juga
Wanita Indonesia layak sekali membaca, 3 bintang untuk biografi ini.

Tinggalkan Balasan