Resensi Buku #Sharing

April 26, 2014
“When im sharing, I feel alive” tagline blog ini seminggu yang lalu saya ganti karena terinspirasi Pak Handry Satriago penulis buku #Sharing yang baru saja selesai saya baca. Kumpulan kicauan di twitter yang tersusun sistematis dengan hashtag tertentu mampu meng influence saya sebagai followers beliau. Pertama kali saya tahu pak Handry adalah saat sharing knowledge di perusahaan saya. Sebagai pengikut twitter, saya segera tahu Pak Handry sudah membukukan tweetnya saat beliau foto selfie dengan buku yang sampulnya sederhana berwarna biru tua (mirip buku kalkulus jaman kuliah).

Judul: #sharing
Penulis: Handry Satriago
Penerbit: Gramedia
Tahun Terbit: 2014

Buku ini terdiri dari 4 bagian yang masih dipecah lagi dalam bagian-bagian berdasarkan hashtag tweet penulis. Pertama kali saya buka, “wow..benar-benar seperti kultweet ya”. Yaps..penyusunan buku ini sepertinya benar-benar otentik seperti tweet aslinya lengkap dengan numbering. Jadi, bagi pembaca seakan sedang membaca tweet daripada membaca buku. It’s easy, makanya saya jadi bisa santai membacanya dimanapun tanpa harus nunggu moment nyaman. Mungkin karena terbiasa membaca ideas dalam 140 karakter , hehehe. Ini adalah sisi unik dari buku #sharing sekaligus kelemahan juga sih sebenarnya.  Entah sengaja ingin otentik atau malah terlewatkan, saya menemukan banyak typo  (salah tulis huruf). Selain itu, ideas kadang diulang-ulang. Sebenarnya kelemahan ini bukan dari penulis tapi cenderung ke editor.

Jadi, apa yang saya dapat selama 7 hari membaca buku ini? Pelajaran hidup tentunya, semangat, dan beberapa kali tersindir. “wah..ini gue banget Pak..” haha. Sebagai pemuda Indonesia yang baru meniti karir,penjelasan Pak Handry ini seperti langsung ke saya face to face. Sangat aplikatif dan up to date. Banyak hal yang bisa saya terapkan langsung dalam aktivitas pekerjaan saya. Salah satunya adalah presentasi dengan 4 blocker. Beberapa hari yang lalu saya buat report untuk atasan dengan metode itu, dan sore harinya atasan saya yang good boss di mata saya memanggil “Nurul..” “Ya,,Pak”..”Bagus..bagus..presentasi kamu”. Beberapa kebijakan yang disarankan penulis di buku ini sejalan dengan yang sedang dilakukan company tempat kerja saya.

Membaca buku ini kita akan diajak berdialog tentang Indonesia, anak muda,leadership, followership, management, dan tentunya semangat belajar dan berbagi. Buku yang layak dibaca berulang-ulang, nggak Cuma sekali terus lupa esensinya.

Saya berikan 4 bintang untuk #Sharing Pak Handry Satriago. Sayang sekali saat tulisan ini saya buat, buku #sharing belum terdaftar di Goodreads, jadi saya tidak bisa rate dan kasih review di sana.



1 comment on "Resensi Buku #Sharing"

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature