Book

Review guru gokil murid unyu

Desember 21, 2013
Jangan terkecoh dengan sampulnya ya, buku ini saya temukan di rak pengembangan diri bukan di deretan novel. Judul bukunya memang Guru Gokil Murid Unyu, karangan J.Sumardianta yang merupakan guru di SMA colese de brito Jogja. Beliau selain jadi guru juga aktif menulis di berbagai surat kabar. 

Buku ini menceritakan berbagai macam fenomena di dunia sekolah. Di setiap kisah diawali dengan ilustrasi cerita yang menyentuh atau kadang lucu. Sampai setengah buku, saya masih merasa buku ini bagaikan Chicken Soup for Teacher nya Indonesia. Bab yang saya suka adalah di Pilar Pendidikan Karakter. 
Setelah melewati setengah buku saya mulai jenuh. Mulai di bab Alam adalah guru, penulis seakan memaksakan diri memasukan cerita-cerita yang pernah ditulis ke buku ini. Seperti review tempat-tempat, produk, dan buku. Akibatnya terjadi beberapa pengulangan-pengulangan penuturan. Memang sih masih relevan ceritanya, tapi akan lebih baik kalau tidak mengcopy secara “plek” tulisan ke buku. Jika buku ditulis berdasarkan buah pemikiran saat menulis, maka hasilnya akan runut dan pengulangan penuturan akan minim. 
Overall, buat para pendidik maupun orang tua buku ini cocok deh. Kalau yang biasa baca fiksi, bisa jadi akan banyak skip. Saya beri 2,5 dari 5 bintang untuk Guru Gokil Murid Unyu. 
“Apa perbedaan sekolah dengan kehidupan? Di sekolah sesudah belajar kamu diberi soal ujian. Dalam kehidupan kamu diberi ujian yang mendidikmu dengan pembelajaran”.

Tinggalkan Balasan