Mengenal Bumbu Dapur

Bumbu masakan Indonesia itu banyak banget dan mirip-mirip. Itulah salah satu kambing hitam atas orang-orang yang akhirnya menganggap masakan Indonesia itu susah bikinnya. Untungnya sejak kecil saya suka di dapur, dan orang tua saya nggak suka pakai bumbu instan. Hampir semua bumbu ditanam sendiri dan digunakan buat masak. Mau tahu bumbu-bumbu apa saja yang harus diketahui sebelum nyoba masak makanan Indonesia? Nih..ciri-ciri berbagai bumbu dapur. 
1. Kapulaga: bulat kecil, putih, lebih kecil dari kemiri, dipakai buat kari atau campuran jamu.
2. Pala: bulat kecil berwarna cokelat, dipakai buat bumbu sup atau masakan daging. Aromanya harum meski pahit.
3. Jintan: mirip kulit padi, tapi lebih kecokelatan dan bermotif garis. Aromanya mirip lada.
4. Lada: nah ini yang biasa disebut merica. Rasanya pedas, tajam. Masakan apapun jadi spicy tapi beda dengan spicy cabe. 
5. Kayu manis: bentuknya mirip batang kayu kecil. Digunakan untuk menambah rasa di beberapa minuman dan penghias makanan.
6. Serai: fungsinya sebagai pengharum masakan. Wajib banget diemplungin pas ngrebus daging atau ikan biar nggak amis. 
7. Jahe: cara ngebedainya dari kunyit dan lengkuas adalah dengan melihat warna dalam dagingnya. Jahe agak putih ya dalamnya. Rasanya pedas, bikin hangat.
8. Lengkuas: mirip banget jahe. Bedanya dilihat dari kulitnya yang lebih keras. Dipakai buat masakan bersantan dan tumis.
9. Kencur: mirip jahe tapi kecil. bumbu ini paling pas buat bikin peyek, sambal kacang, jamu, atau mengharumkan masakan.
10. Daun jeruk: daun ini sering dipakai mengharumkan masakan tumis.
11. Kunyit: bagian dalamnya berwarna orange pekat. Pewarna alami masakan, penghilang bau amis ikan atau daging.
12. Ketumbar: mirip lada atau merica. Warnanya cokelat legam dan lebih kecil dari lada. Masakan bersantan sering pakai ini (saya jarang pakai).
13. Kemiri: pasanganya ketumbar. Mirip bawang putih tapi teksturnya kasar. Fungsinya memberikan sensasi pekat pada masakan, seperti sayur asem atau soto.
14. Terasi: terbuat dari ikan atau udang. Paling pas buat sambal atau tumisan.
15. Daun salam: pengharum semua masakan, dari urap hingga sayur. Meski bentuknya jelek dan kering, tapi harum banget lho.
16. Temu kunci: bentuknya memanjang, mirip kunyit..kencur..lengkuas..dan jahe. Paling pas buat sayur bayam atau campuran sop tutut.
17. Jeruk limau & jeruk nipis: limau lebih kecil dari jeruk nipis. Kontur buahnya lebih kasar, pas buat sambal. Jeruk nipis air perasanya dipakai mengurangi bau amis dan memberi rasa asam makanan.
18. Gula merah: pengganti gula pasir dan pewarna cokelat alami.
19. Cengkeh: pengharum masakan

Tinggalkan Balasan