Mengapa Teknik Mesin dan Biosistem IPB ?

Saat saya interview kerja, saya ditanya jurusan. Jawab saya “Teknik Mesin dan Biosistem” yang dulunya “Teknik Pertanian” dan dulunya lagi “Mekanisasi Pertanian”. Bayangan orang pastilah ini beda banget dengan teknik mesin ITB, UI, atau ITS. kalau beda, apakah lebih buruk? justru TMB lebih “plus” daripada teknik mesin yang lain. mau tahu?
Mengapa kita harus memilih TMB IPB? Untuk membantu membangun kesejahteraan ! Kog bisa? Karena seorang sarjana teknik, dimanapun dia berada, dia akan selalu berfikir dan bertindak dengan 3 motto, MENDESAIN, MENCIPTA atau MEMPERBAIKI.
Para sarjana Teknik Mesin dan Biosistem lah yang membuat penduduk di bumi (yang terus menerus bertambah) akan terpenuhi kebutuhan hidupnya, mendapatkan cukup makanan sehat dan air bersih yang berlimpah, mendapatkan tempat berteduh dan pakaian yang memadai, berlimpah dengan energi dan sumber energi terbarukan, dan hidup di lingkungan yang sehat. pengalaman yang akan menyiapkan lulusannya memiliki multi disiplin ilmu dan keterampilan yang bisa bekerja di banyak bidang.
Angkatan 44 (2007)
Antara lain di industri peralatan, industri pengolahan pangan dan hasil pertanian, perusahaan perkebunan, perbankan dan lembaga keuangan, lembaga pendidikan, bidang media, lembaga/badan/departemen pemerin­tahan, lembaga penelitian.
Bila susah memutuskan ingin belajar matematika ataukah ilmu fisika, atau ilmu biologi? Teknik Mesin dan Biosistem di IPB memberi kesempatan kepada kalian untuk menggabungkan ketiganya.
apa saja yang dipelajari di TMB IPB sehingga bisa dikatakan lebih “plus” dari teknik mesin lainnya? 
Semester 3: Dasar-Dasar Agronomi, Kalkulus II, Pemograman Teknik, Mekanika Fluida, Pengetahuan Bahan Teknik, Perbengkelan, Karakteristik Teknik Bahan Pertanian, Instrumentasi dan Kontrol.
Semester 4: Ilmu Ukur Wilayah, Kekuatan Bahan, Mekanika Teknik, Termodinamika dan Pindah Panas, Matematika Teknik, Gambar Teknik, Elemen Mesin.
Semester 5: Hidrologi Teknik, Kewirausahaan Teknik, Prak. Terpadu Mekanika dan Bahan Teknik, Statistika Teknik , Ekonomi Teknik,  Motor dan Tenaga Penggerak, Lingkungan dan Bangunan Pertanian, Sistem dan Manajemen Mekanisasi Pertanian.
Semester 6: Teknik Mesin Budidaya Pertanian, Teknik Mesin Irigasi dan Drainase , Teknik Pengolahan Pangan, Teknik Pengolahan Hasil Pertanian, Teknik Informatika Pertanian, Energi dan Listrik Pertanian, Metode Penulisan dan Penyajian Ilmiah.
Mayor Pilihan (pilihan 2 Matakuliah): Dasar Teknik Proses Biosistem, Ergonomika dan Keselamatan Kerja, Manajemen Tenaga dan Mesin Pertanian.
Semester 7: Rancangan Teknik, Rancangan Alat dan Mesin, Teknologi Greenhouse dan Hidroponik, 
Matakuliah Mayor Pilihan & Supporting Course  (pilihan 3 m.k): Teknologi Robotik, Teknik Pascapanen, Hubungan Tanah dan Alsintan, Teknik Pendinginan, Teknik Konversi Energi Terbarukan, Audit Energi

kalau baca judul mata kuliahnya sepertinya mengerikan, tapi kenyataanya tidak. semuanya fun, menantang, dan bermanfaat. Ini pendapat pribadi saya lho, yang basicnya tidak suka matematika. Awalnya sempat ragu, bisakah saya? Ternyata bisa, dan lulus tepat waktu (kurang dari 4 tahun) tentu dengan ijin Allah. Teknik Mesin dan Biosistem itu bukan hanya belajar mesin, tapi juga pertanian, pengolahan, sipil, lingkungan, dan juga manajemen serta IT nya. 


Baca Juga: Suka Duka Engineer Wanita

COME JOIN US
Source: http://tmb.ipb.ac.id

98 Replies to “Mengapa Teknik Mesin dan Biosistem IPB ?”

  1. Ass.Wr.Wb saya arvina aulia dr sman2sidoarjo, insyaAllah saya minat ke teknik mesin biosistem ini kak, tp saya takut nanti kedepannya tidak bisa mengikuti, karna saya tahu, bahwa MM dan fisika saya biasa saja ga pinter2 amat. Apakah semua pelajarab yang ada di teknik mesin dn biosistem dipelajari dari awal atau melanjutkan pelajaran yg sudah diberikan di SMA kak? Terimakasih sebelumnya 🙂

    1. waalaikumsalam arvina,,
      wah..mau pilih TMB ya..jangan takut karena saya juga dasarnya tidak suka pelajaran hitungan. tapi, TMB beda sama belajar Fisika atau matematika di Mipa kok,,seru deh. oiya gag semua mata kuliah di TMB itu berhitung karena lbh byk yg analisa, juga ada yg hafalan.
      tentu ilmu teknik dipelajari dari awal, kan masih S1. basic fisika, matematika, kimia, dan pelajaran lain di SMA akan diperkuat di tahun pertama kamu masuk IPB. namanya Tingkat persiapan bersama (TPB), itu ibarat SMA kelas 13..hehe. sampai ketemu di TMB yah..

  2. Azizah Az Zahra says: Balas

    oh ya kak, mau nanya prodi TMB setelah lulusan bisa kerja dimana aja ya kak? makashhh 😉

    1. Lulusan TMB seperti halnya IPB memang fleksibel dan tersebar dimana mana. Mulai dari Industri, perbankan, swasta, pemerintahan, dan juga pertanian dan perkebunan . Posisinya juga macem macem..ada yg jadi tenaga ahli, peneliti, bahkan memegang jabatan manajerial. Angkatan saya banyak yang di Industri..saya pribadi di research and development sebuah perusahaan manufactur

  3. Sudirman Otomasi says: Balas

    Assalamu alaikum, salam kenal mbak Nurul.
    Saya lulusan D4 Teknik Otomasi Industri. Saya tertarik untuk menerapkan ilmu saya di bidang pertanian. Setelah lihat-lihat, ternyata di IPB ada jurusan Teknik Mesin Pertanian dan Pangan (S2), dan kurikulumnya sedikit banyak berkaitan dengan jurusan saya sebelumnya.

    Namun karena kendala waktu dan biaya, tahun ini sepertinya saya belum bisa melanjutkan. Tapi meskipun begitu, saya berminat untuk mempelajari berbagai mata kuliahnya dari sekarang agar begitu bisa melanjutkan nanti sedikit banyak sudah saya kuasai.

    Kira-kira dimana ya saya bisa mendapatkan buku-buku informasi buku-buku referensi apa saja yang digunakan jurusan Teknik Mesin Pertanian dan Pangan (S2)?

    1. Waalaikumsalam Sudirman..salam kenal juga. Wah D4 yah..rekan sata banyak yg lanjut S2 di Teknik Pertanian dan Pangan . Info lebgkap tentang jurusan bisa didapat di web pascasarjana IPB atau datang langsubg ke sekertariatnya di gedung rektorat IPB Darmaga. Mengenai buku referensi saya kurang tau..tapi ketika kita sudah kuliah..buku buku bisa didapat di Perpus.

  4. Assalamualaikum kak, saya anak TMB angkatan 49, kalo boleh tahu kakak anak TMB angkatan berapa ya?

  5. Waalaikumsalam Aina..wah msh TPB ya..saya angkatan 44. Masuk 2007 lulus 2011

  6. Mohamad Ridwan says: Balas

    Assalamu'alaikum mba..slam kenal..setelah mbaca tulisan ini saya jadi tambah mantep mau masuk TMB IPB..tapi saya msih bgg di tmb itu banyak itungan, hafalan, apa analisisnya sih mba..mohon pnjelasannya..

    1. waalaikumsalam Ridwan..salam kenal juga. Alhamdulillah jika post ini menginspirasi..
      di TMB ada itungan, hafalan, dan tentu karena ini ilmu teknik ya banyak analisa 😉

  7. Iya kak, masih TPB, kakak sekarang kerja dimana? angkatan kakak namanya masih TP kan?

    1. saya sekarang kerja di bagian research and development sebuah per.swasta bidang manufaktur :-). iya angkatan sata masih Teknik pertanian. TMB adalah penyempurnaanya.