Review novel 5cm yang penuh quote lagu

original title: 5 cm

Paperback, 381 pages
Published 2005 by Grasindo
ISBN 9797591514 (ISBN13:
9789797591519)
edition languageIndonesian

Sinopsis:
Bestseller book di Gramedia
Bookstore selama 2 tahun berturut-turut!
Lima sahabat telah menjalin
persahabatan selama tujuh tahun. Mereka adalah Arial yang paling tampan, Riani
sebagai satu-satunya wanita dalam kelompok itu, Zafran yang berlagak seperti
seorang penyair, Ian yang paling subur badannya, dan Genta yang dianggap
sebagai leader dalam kelompok itu. Kegemaran mereka adalah mengeksekusi hal-hal
yang tidak mungkin dan mencoba segala hal, mulai dari kafe paling terkenal di
Jakarta, sampai nonton layar tancap. Semuanya penggemar film, dari film
Hollywood sampai film yang nggak kelas—kecuali film India karena mereka punya
prinsip bahwa semua persoalan di dunia atau masalah pasti ada jalan keluarnya,
tapi bukan dalam bentuk joget.
Suatu saat, karena terdorong oleh
rasa bosan di antara satu dan yang lain, mereka memutuskan untuk tidak saling berkomunikasi
dan bertemu satu sama lain selama tiga bulan. Selama tiga bulan berpisah itulah
telah terjadi banyak hal yang membuat hati mereka lebih kaya dari sebelumnya.
Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh dengan rasa kangen akhirnya terjadi dan
dirayakan dengan sebuah perjalanan. Sebuah perjalanan yang penuh dengan
keyakinan, mimpi, cita-cita, dan cinta. Sebuah perjalanan yang telah mengubah
mereka menjadi manusia sesungguhnya, bukan Cuma seonggok daging yang bisa
berbicara, berjalan, dan punya nama.
“Ada yang pernah bilang kalau
idealisme adalah kemewahan terakhir yang dimiliki oleh generasi muda….”
Coment:
Novel ini sebenarnya sudah
diterbitkan sejak saya maish SMA. Tapi baru sempet baca sekarang, dan novel itu
habis terbaca dalam jangka waktu beberapa jam saja. Sangat inspiratif dan udah
dipahami tapi tidak ringan. Baru beberapa halaman baca di awal saja saya sudah
bisa menggambarkan penokohannya, trebayang settingnya, dan membaur bersama
khayalan si penulis. Akhirnya saya ikuti plot lembar demi lembar, sampai tiba
saat petualangan ke Mahameru.
Sebelumnya saya hanya tahu
semeru, bromo, tanpa kenal siapa mahameru. Novel ini menggambarkan dengan
jelas, bahkan mungkin bisa jadi guidance saya jika kelak ke Mahameru. Meskipun baru
menapaki gunung gede pangrango saja saya sudah hampir mimisan, hehe. Seperti quotes
terakhir di film itu
“jika kita punya impian, letakkan
5cm di depan kening kita, maka kemanapun kita melangkah impian itu masih
trelihat oleh mata kita”
Dan
“mungkin sekarang kebanyakan
orang sudah keenakan dengan posisi nyamannya sehingga takut bermimpi”.
(tersindir banget nih)
Tapi, jujur banget saya banyak
lompatin buku ini karena kebanyakan quotes lagu. Bukunya jadi tebel karena
banyak ngutip quote2 org2 terkenal sama syair lagu2 yg kadang2 lebih dari 2
bait… kalo 2x, 3x ayto 4x sih ga napa2, tapi kalo sampe lebih dari 15x kan,
what they say?! yup, that’s right… BORING!!!
Eh, diujung2 cerita mereka semua
tetap bertemu dan mempunyai anak dengan umur yang sama. Klise? Tentu saja.
Bercerita tentang MIMPI
Bercerita tentang ALAM
Bercerita tentang GUNUNG
Bercerita tentang IDEALISME
Bercerita tentang CINTA

One Reply to “Review novel 5cm yang penuh quote lagu”

  1. […] on Desember 16, 2012April 3, 2019by Innnayah Saya sudah baca novelnya (review novel) , dan sama sekali tidak kecewa dengan film ini. Bahkan saya lebih suka filmnya. Alasannya, karena […]

Tinggalkan Balasan