Tought

Yang Harus Diperhatikan Di Tempat Parkir

April 7, 2016
Tips di tempat parkir, yang harus diperhatikan di tempat parkir
Tempat parkir umum adalah salah satu lokasi yang patut kita waspadai. Selain keamanan kendaraan,  jangan lupa juga keamaan jiwa raga kita. Ada beberapa jenis tempat parkir umum, diantaranya adalah parkir liar dan parkir otomatis.

Kalau di mall atau gedung perkantoran, umumnya yang dipakai adalah parkiran otomatis. Sedangkan di pasar atau waralaba, biasanya memakai parkir liar. Semua ada plus minus dan perlu trik masing-masing saat kita menggunakan lokasinya.

Kasus kehilangan helm, part kendaraan, pembobolan isi kendaraan, bahkan hilangnya kendaraan itu sendiri beberapa kali menimpa teman saya. Kejadian memalukan bahkan pernah saya alami di tempat parkir. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan di tempat parkir.
1| STNK
Sebelum menjalankan kendaraan, pastikan kamu bawa STNK. Hubungan sama parkiran apa? STNK penting, tidak Cuma biar nggak ditangkap polisi. Biasanya, parkiran otomatis memberlakukan kewajiban memperlihatkan STNK saat hendak meninggalkan parkiran. Seperti di kantor saya, meski kami karyawan…tetap saja wajib. Semua kendaraan diperiksa STNKnya. Kalau tidak bawa? Kendaraan nginep saja di parkiran. 
Suatu hari, saya buru-buru banget berangkat. Jangankan STNK, id card saja lupa. Tolong ini jangan ditiru, saya meloby security buat ngeluarin kendaraan. Dengan muka memelas alhamdulillah bisa. Yang diloby jangan security pelaksana, langsung ke komandannya.
2| Preman
Saat sudah sampai lokasi parkir umum, perhatikan penjaga parkir. Ini khusus untuk parkiran liar ya. Pastikan penjaga parkirnya mengenakan rompi parkir. Jangan sampai penjaganya preman. Bukannya mau mengunderestimate tukang parkir tak berseragam, tapi demi lebih menjaga keamaan saja. Kita tidak tahu, si tukang parkir beneran menjaga kendaraan kita atau sekedar menarik uang.
3| Bawaan
Sebelum mengunci kendaraan, cek barang bawaan. Jangan ditinggalkan begitu saja di dalam. Misal kamu pakai mobil, jangan taruh tas di jok sebab itu mengundang orang iseng. Helm juga sebaiknya dikunci, kecuali kamu pasrah saja sebab helm kamu sudah jelek (itu saya). Mau parkir di parkir terintegrasi maupun di parkiran liar, ini harus diperhatikan.
4| Lokasi
Motor keluaran terbaru sudah dilengkapi alarm. Tinggal pencet kunci, bisa deh bunyi. Kalau yang belum? Perihal lokasi parkir ini kadang bikin senewen apalagi kalau parkir di mall. Aduh tadi di lantai berapa ya..di baris mana ya..heuheu. Kalau perlu difoto sekalian kendaraanya ya.
5| Palang Parkir
Saya punya pengalaman memalukan soal palang parkir otomatis. Rasanya kok cukup tragis. Palang parkir otomatis itu terbuat dari logam yang cukup berat. Belum lagi jika si palang sedang dalam kondisi bergerak menutup. Kurasa, kecepatannya lumayan. Bisa kau bayangkan jika kau berada tepat di bawahnya? Kepala bisa gegar otak. 
Itulah kecerobohan yang saya lakukkan siang itu. Di sebuah halaman ruko, saya berjalan melenggang tepat di belakang mobil yang sedang membayar parkir. Yang saya ingat, orang-orang meneriaki saya “awasss!” lalu..”bruk” nguiing. Kepala saya tertimpa palangan parkir otomatis. Meski saya menghindar karena diteriaki, tetap saja bagian samping kepala keserempet. Kondisi depan ruko ramai banget, saya dilihatin orang-orang. Hahahaa…malu sih, tapi sakitnya itu lho.
Perhatikan palang parkir, jangan asal lewat di bawahnya tanpa memastikan bahwa kondisinya aman. 
——-
Bagaimana dengan parkir di rumah? Kunci ganda. Meski kamu tinggal di perumahan dengan keamanan 24 jam sekalipun, kejahatan bisa terjadi karena ada kesempatan.
Quote
“hey kamu, jangan asal muncul saja ketika saya hendak pergi. Kamu bukan preman penjaga parkiran kan?” -kode
  1. Aqu parkir motor di depan rumah, pagar digembok tapi blasss hebat banget ilang seketika *nangis guling2…jadi suka waspada qu lebih baik milih parkiran otomatis hehhe. Salam kenal mba ^^

  2. Walaaahh untung ngga ketiban, bisa bocor itu kepala kalo ketiban palang. Btw, kalo parkir sama preman aku udah sering banget ngalamin dulu pas jadi wartawan. Apalagi dulu kalo parkir di glodok atau Kota Tua bisa 5000-10000 per parkir dan ngga ada struknya pula, zzzz.

  3. yang harus diperhatikan juga : bawa uang ketjil hihi

    eh kenapose komennya di akuuu jeung? maaf yaa jangan tersinggung rulnay, bukan membahas dikau kok 🙂

  4. Errrgh paling males emang sama tukang parkir yang tetiba muncul kalo pas mau minta duit aja.
    kalo rompi sih masih belum bisa jadi tolak ukur ya, pokoknya kalo dia gak ngasih karcis jangan mau kalau suruh bayar..

  5. sering banget kelupaan kunci sama HP ketinggalaan di motor, makanya pacar tiap jalan pasti sllu ngingetin, biasanya lg asik2 nonton tiba2 keinget hp sm kunci msh d motor

  6. Aku juga pernah ketimpa palang. Sakit bgt. Tp itu salah security, aku disuruh lewat situ krn jalan orang lagi ditutup pohon yg ditebang. Tp dia nggak kode2an sama masnya yg didalam rumah monyet itu. Pusing, benjol.

  7. pernah berkali-kali keluar apartemen gak bawa stnk, pas dipriksa malu bgt karna yg saya bawa surat kehilangan stnk dr kepolisian, yang bentuknya udah lecek repot lg bukanya, bikin lama aja, padahal dibelakng pada ngantri.. kwkwk

  8. paling kesel, klo markir motor pas dateng sepi… eh pulang tiba2 ada yang niup peluit sambil ngarah2in, eh ujung2nya minta duit *capedeeeh

Tinggalkan Balasan