Book

[Review Buku] Supernova: Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh

September 3, 2014
Sebuah
roman science fiction yang puitis. Pernahkah mengungkapkan cinta dengan teori
fisika? Menikmati Supernova Ksatria, Putri dan Bintang Jatuh bukan hanya
mendapat transfer perasaan namun juga tambahan banyak informasi. Jarang ada
novel yang di dalamnya bertaburan footnote istilah ilmiah.

Sebenarnya
ini adalah fase baca ulang bagiku. Pertama kali baca, 10 tahun yang lalu. Masih
nggak nyambung banget karena mungkin waktu itu masih terlalu polos, hehe kelas
1 SMA itu harusnya baca teenlit ya. Kalau sekarang ya nyambung banget, malah di
beberapa bagian merasa..”wah ini gue banget..” .
Kenapa
saya baca ulang? Karena akhir tahun ini akan ada versi layar lebarnya. Film yang
katanya “mahal”. Selalu sih, tiap akhir tahun Soraya Film ngeluarin film
adaptasi novel yang cetar. Seperti 5 Cm dan Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk.

Judul:
Supernova ; Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh.
Penulis:
Dewi Lestari
Penerbit:
Bentang Pustaka
Tahun
Terbit: 2014 (cetakan pertama 2001 oleh TruedeeBooks)
Jumlah
Halaman: 322

Sinopsis:
Menunaikan
ikrar mereka untuk berkarya bersama, pasangan Dimas dan Reuben mulai menulis
roman yang diberi judul 
Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh
Paralel dengan itu, dalam kehidupan nyata,
sebuah kisah cinta terlarang terjalin antara Ferre dan Rana. Hubungan cinta
mereka merepresentasikan dinamika yang terjadi antara tokoh Kesatria dan Putri
dalam fiksi Dimas dan Reuben. Tokoh ketiga, Bintang Jatuh, dihadirkan oleh
seorang peragawati terkenal bernama Diva, yang memiliki profesi sampingan
sebagai pelacur kelas..atas.

Tanpa ada yang bisa mengantisipasi, kehadiran
sosok bernama Supernova menjadi kunci penentu yang akhirnya merajut kehidupan
nyata antara Ferre-Rana-Diva dengan kisah fiksi karya Dimas-Reuben dalam satu
dimensi kehidupan yang sama.
Review:
Untuk
sebuah buku yang ditulis tahun 2001 dan kemudian saya baca di 2014, rasanya
masih nggak ketinggalan jaman. Tentang istilah “tsunami hati” “cyber avatar”..mungkin
dulu susah dibayangkan. Penulis nya benar-benar bisa menjangkau hati dan otak
pembacanya. Alurnya real, penokohannya kuat, dan isi sainsnya itu lho yang
bikin aku rasanya pengen “stabiloin” tiap lembar.
Saya
beri 4 bintang untuk Supernova: Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh.

Kau hadir dalam ketiadaan,Sederhana dalam
ketidakmengertian.
Gerakmu tiada pasti,Namun aku selalu
disini,
Menantimu..Entah mengapa..

Segalanya terjadi tak terduga-duga. Hanya ada
satu yang pasti dalam hidup, yaitu ketidakpastian. Hanya ada satu yang patut
Anda harapkan datang, yaitu yang tidak diharapkan.




Tinggalkan Balasan